Wednesday, November 27, 2013

Arti Penting Kepemimpinan Dalam Berorganisasi [Resume]

Seorang pemimpin atau mempunyai keahlian dan pengetahuan yang diperoleh melalui pengembangan diri. Pengembangan diri menghasilkan keterampilan-keterampilan seperti keterampilan teknis, keterampilan manajemen sumber daya manusia, dan keterampilan konseptual.


Kepemimpinan adalah kekuasaan untuk mempengaruhi seseorang, baik dalam mengerjakan sesuatu atau tidak mengerjakan sesuatu.

Semakin tinggi kedudukan seorang pemimpin dalam organisasi, maka semakin dituntutlah kemampuan berfikirnya secara konsepsional, strategis, dan makro. Semakin tinggi kedudukan seseorang dalam organisasi maka ia akan semakin generalis, sedang semakin rendah kedudukan seseorang dalam organisasi maka ia menjadi spesialis.

Rahasia utama kepemimpinan dari seorang pemimpin bukanlah dari kekuasaanya dan juga bukan kecerdasannya, melainkan dari kekuatan pribadinya. Seorang pemimpin sejati selalu bekerja keras memperbaiki dirinya sebelum sibuk memperbaiki orang lain.

Pemimpin bukan sekedar gelar atau jabatan yang diberikan dari luar melainkan sesuatu yang tumbuh dan berkembang dari dalam diri seseorang. Kepemimpinan lahir dari proses internal (leadership from the inside out).

No comments:

Post a Comment

Please don't use Anonymous if you want to post a comment.